title


counters

Monday 27 July 2015

Definisi HCI

Perkembangan komputer sedemikian cepat hingga saat ini komputer menjadi kebutuhan primer bagi pelajar, khususnya mahasiswa serta untuk mengerjakan berbagai pekerjaan dalam perbankan, transportasi, penerbangan, dan hampir semua instansi atau perkantoran memerlukan komputer. Kehadiran komputer ini sangat membantu manusia. Dengan adanya komputer, pekerjaan bisa lebih cepat dan efektif.

Saat kita menggunakan komputer,  kita sedang berinteraksi dengan komputer. Kita melakukan dialog dengan sistem komputer. Kita memberikan perintah kepada sistem dan kemudian sistem tersebut menanggapi, dan demikian seterusnya hingga pekerjaan selesai. Studi tentang interaksi manusia dengan komputer disebut human computer interaction (HCI), yaitu suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena di sekitar manusia itu sendiri. (ACM SIGCHI, 1992)HCI bukan sekedar mempelajari komputer atau mempelajari manusia, tetapi menjadi jembatan untuk menghubungkan manusia dengan komputer.

Sistem komputer dibuat untuk digunakan oleh manusia. Oleh karena itu, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, yaitu aspek manusia, program, dan  mesin. Komputer didesain untuk bisa dipahami oleh manusia. Komputer diisi software yang berisi berbagai program-program untuk melakukan tugas. Program tersebut harus bisa dipahami oleh manusia sehingga harus memperhatikan kondisi psikologi, linguistic, sosiologi manusia. 


Prinsip kerja HCI adalah input—proses—output. Dengan demikian, satu set komputer mempunyai perangkat masukan, proses, dan keluaran. Perangkat masukan bisa berupa keyboard, mouse, dan media input lainnya.  Masukan (input)  dari pengguna bisa berupa garis, gerakan mouse, sentuhan keyboard, dan sebagainya. Input tersebut kemudian diproses oleh komputer sehngga mucul hasilnya berua grafik, bunyi, tulisan, dan sebagainya pada piranti keluaran (monitor, printer, dll). Prinsip kerja HCI ini sama dengan prinsip proses komunikasi antar manusia. Dalam proses komunikasi ada source, messagechannel,  receiver, feedback. Begitu juga dalam interaksi dengan komputer. Pengguna komputer sebagai source yang mengirimkan pesan kepada komputer melalui piranti input yang kemudian diterima komputer (receiver), diproses, dan ditampilkan hasilnya sebagai feedback melalui monitor.

Kehadiran komputer ini juga membantu dalam proses komunikasi manusia dengan manusia. Sistem komputer ini tidak hanya diterapkan dalam alat yang disebut komputer, tapi diterapkan juga dalam handphone. Selain itu, komputer sekarang ini selalu mengalami inovasi sehingga ukurannya lebih kecil dan praktis. Komputer ini telah mendorong ditemukannya internet yang kemudian keduanya bersatu sehingga lebih produktif. Dengan adanya komputer dan internet, seseorang bisa berkomunikasi dengan orang lain menggunakan email dan juga video confefernce. Mereka bisa bertukar foto, bertukar data dan sebagainya. Komputer bahkan dibuat bisa bersuara sehingga seolah-olah mereka sedang berbicara face to face

Sistem komputer juga menjadi jiwa dari sebuah robot. Robot diisi dengan program yang disebut dengan kecerdasan buatan (artificial intelligent) sehingga bisa melakukan perintah seperti yang dikehendaki manusia. Dengan bentuknya yang mirip dengan makhluk hidup (manusia atau binatang) interaksinya menjadi lebih terasa nyata. Saat ini robot diciptakan semakin pintar sehingga bisa menjalankan kegiatan seperti manusia. Seperti di Jepang, ada robot yang bisa menjadi pelayan toko yang bisa melayani pelanggan. Mobil yang dilengkapi dengan peralatan yang bisa mendeteksi suara sehingga bisa menerima perintah langsung dan bekerja sesuai perintah.

No comments:

Post a Comment